Jumat, Juni 08, 2012

Abstrak - analisis perbandingan kinerja anivirus

Komputer pada era modern saat ini merupakan perangkat yang hampir pasti dibutuhkan dalam setiap kegiatan manusia. Komputer menjadi bagian penting karena sangat memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari. Komputer dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi komputer, malware/virus pun ikut berkembang pula. Dengan tingginya traffic internet yang menjadi media penyebaran virus, ataupun melalui media penyimpanan external seperti usb flashdisk, harddisk external dll.

Untuk itu komputer memerlukan software antivirus untuk mencegah malware/virus masuk dan merusak sistem komputer. Penulis mencoba membandingkan beberapa antivirus terenama,untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan performa dalam mengatasi virus/ malware. Software antivirus tersebut antara lain Norton , kasperskey , avira , dan avg.


Pendapat :
1. instalasi pada KIS2009 memang ditujukan untuk user yang mengetahui jelas spesifikasi komputer dan konfigurasi milik user itu sendiri, jika dilakukan oleh user awam memang agak repot.
instalasi pada norton 2009 memang memudahkan user khususnya pemula, lebih simple, cepat dan lebih familiar bagi user pada umumnya.
2. beban sistem KIS 2009 memang tidak terlalu berat jika dibandingkan avira, grisoft dan mc afee akan tetapi jika dibandingkan NIS 2009 jauh lebih ringan dari pada KIS 2009 karena NIS beban memori maksimalnya 106 MB dan selisih jauh dengan KIS 2009 yang memerlukan konsumsi mencapai 256 MB sedangkan untuk men-scan komputer KIS sangat keterlaluan lamanya apalagi file-file arsip “.rar” dan “.zip”, saya pernah mencoba men-scan file-file yang ada di hardisk saya berkapasitas sekitar 140 GB ternyata lamanya minta ampun beda dengan NIS 2009 yang cukup cepat dan proses updatenya kayaknya KIS 2009 tidak terlalu bermasalah akan tetapi lebih enak lagi jika menggunakan NIS 2009 karena beban cpunya lebih ringan.
3. Tampilan menu NIS 2099 sangat fleksibel dan mudah digunakan sehingga bagi orang awam yang baru pertama kali mencoba NIS 2009 akan senang dan mudah dalam menggunakan NIS 2009 beda dengan KIS 2009 yang kadang kalah menunya berakar sehingga bagi orang awam susah untuk dimengerti meskipun bagi yang biasa menggunakan KIS seperti saya hal tersebut mungkin tidak bermasalah.

Sumber pendapat :
http://tridentcore.wordpress.com/2009/08/04/kaspersky-vs-norton-internet-security-2009-comparison/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar